Rabu, 07 Maret 2012

IKATAN PENCAK SILAT BUNGA ISLAM

A. Latar Belakang
Perkumpulan ini telah ada dan berdiri sejak tahun 1986 M. Didirikan oleh K. H. Moh. Jamhari Ghozali Anwar (alm) bertempat di Dusun Baleboto, Madiun. Perkumpulan ini adalah sarana dakwah bagi Almarhum, karena setiap siswa baru yang masuk, selalu dibai'at untuk selalu melaksanakan Syariat Islam (terutama melaksanakan shalat lima waktu), menjauhi segala bentuk kamaksiatan (MOLIMO), tidak melanggar aturan Negara, selalu berbuat dengan akhlakul karimah, serta dituntut untuk selalu ingat kepada Allah SWT dengan Dzikir Ismul Haq ( lafadz Alloh Alloh ).
Perkumpulan ini semakin berkembang setelah K. H. Moh. Jamhari G. A hijrah ke Ponorogo. Penerimaan siswa baru (pembai'atan) dibuka tiap hari jumat, dan dari waktu kewaktu semakin banyak siswa yang mengikuti pembai'atan bahkan dari luar kota seperti Trenggalek, Tulung Agung, Blitar, Surabaya, Mojokerto, Kediri, Jombang, Jember, dan meluas sampai Jakarta, Sumatra dan Sulawesi. Setelah wafatnya K. H. Jamhari G. A, gerakan perkumpulan ini diteruskan oleh adik kandung Almarhum bersama-sama dengan siswa Bunga Islam dan diajukan kepada notaris dibawah Nomor : 57/ UM.07.01/V/2007.

B. Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan Perkumpulan Ikatan Pencak Silat Bunga Islam adalah untuk :
1. Mendidik anggota / siswa berakhlakul karimah, bertaqwa kepada Allah SWT sesuai dengan ajaran Islam Alaa Ahlussunnah Waljama'ah.
2. Mendidik anggota / siswa berjiwa Pancasila , sadar untuk melaksanakan ibadah, mengembangkan rasa kesatuan dan persatuan didalam masyarakat.
3. Mendidik anggota / siswa bertanggung jawab mengabdi kepada kepentingan Bangsa, Negara, dan Agama.
4. Mendidik anggota / siswa agar menjadi terampil, terutama dalam bidang seni pencak silat.

C. Usaha – Usaha
Dalam mencapai serta melakukan tujuan tersebut, Perkumpulan Ikatan Pencak Silat Bunga Islam berusaha :
a. Mengadakan latihan mental dan jasmani.
b. Mengadakan latihan ketrampilan pencak silat dan pernafasan.
c. Mengadakan latihan kesegaran jasmani.
d. Mendalami ayat – ayat suci Al-Quran.
e. Menghayati, mendalami dan mengamalkan Pancasila secara murni dan dan konsekuen.
f. Menjalin hubungan kerja sama dengan organisasi kemasyarakatan dan lainnya.

1 komentar:

  1. Assalamu"alaikum Wr. Wb, Salam silaturahim untuk saudaraku warga BI di mana saja berada dan tak lupa semoga KH. Jamhari (alm) di ampuni segala khilaf dan dosanya serta di terima segala amal ibadahnya oleh Alloh SWT. Ilmu yang di ijazahkan smoga membawa manfaat & barokah fi yaumil akhir Amin...
    Admin bila berkenan saya mohon info P Gendut yang dulu di amanahi sbg bendahara BI di Baleboto th 79an itu apa masih sugeng kah? dan Gus Muh putra tertua KH. Jamhari skrg pss apa masih di Baleboto?
    Sukron.
    Bahauddin, blitar kota (Warga BI th 79 Mojorejo kota Madiun)

    BalasHapus