Rabu, 07 Maret 2012

Sebagian Karomah KH. Moch. Djamhari Ghozali Anwar Ponorogo 1


Maksud dan tujuan saya memosting kisah-kisah Qoriqul Adah Romo KH. Djamhari Ghozaly Anwar di dasari niat untuk mengambil suri tauladan dan memberikan tambahnya keyakinan saya pribadi dan para santri IPS " Bunga Islam " akan ilmu yang telah di dapatkan. Dan hal ini di dorong banyaknya dari santri sepuh BI yang banyak menuliskan kisah-kisah Qoriqul Adah Romo Yai Djamhari di status Facebook dan Blog-Blog mereka.
Pertama saya haturkan terima kasih kepada Pembimbing saya di ke ilmuan Bunga Islam Bapak Abdul Malik Tuban, Kepada Admin Group Facebook DEWAN PIMPINAN PUSAT IKATAN PENCAK SILAT BUNGA ISLAM PONOROGO Kang Hadzik,juga kepada Kang Bayan dan seluruh santri Bunga Islam di manapun berada.Karena dengan bantuan-bantuan para santri semua,hal ini dapat terlaksana.

 1. Cerita dari Guru saya Bpk. Abdul Malik Tuban.
Bpk. Abdul Malik adalah santri sekaligus sopir pribadi Romo Yai Djamhari,suatu ketika Romo Yai mengajak Pak. Malik untuk di antarkan Biatan di daerah sumatra ( kalo g salah daerah Padang ),waktu perjalanan sampai di tengah hutan yang jalannya agak menanjak,mobil beliau mogok,hal yang harus di lakukan agar dapat hidup lagi mesinnya adalah di dorong, akhirnya Pak. Malik minta izin untuk mendorong,sedangkan Romo Yai menyupir dari dalam, ternyata Romo Yai tidak mau,malah sebaliknya Pak. Malik yang menyopir Romo Yai yang mendorong, Pak Malik akhirnya Manut. Keanehannya adalah Romo Yai Djamhari itu bertubuh kecil kuat mendorong mobil sendirian,di tambah muatan Pak. Malik yang berbobot badan beliau kl. 85 KG di tambah lagi kondisi jalan yang agak menanjak...subhanalloh..

2. Dari Kang Bayan update status di Group FB Dewan Pimpinan Pusat IPS BI. 
  1. Riwayatan dari kader sepuh blora romo kyai djamhari awal pertama berjumpa nabi khidhir didaerah jawa tengah ketika sholat hajat dipertemuan 2 laut yaitu sungai 1 yang aliranya mecah 2 masing masing anak sungainya tembus pada laut yg berbeda. ketika sholat tiba tiba banjir besar datang dan romo kyai djamhari terkurung dalam air, kuasa alloh air melingkar mengurung membentuk suatu ruangan kering didalamnya. setelah salam, ternyata nabi khidir hadir. salah satu oleh oleh keilmuan yaitu sholat hajat yg diajarkan pada pendadaran 2 sebelum dzikir masuk alam jabarut. 
  2. Waktu pendadaran saya dulu jadwalnya pertama sholat dhuha 8 rekaat kemudian tahlil terus acara dibuka kyai Djamhari dg muqodimah dan doa, disambung muqodimah kitab diteruskan ngaji kitab pendadaran. waktu istirahat cuma waktu makan siang disambung ngaji kitab kembali dan sangat padat. istirahat waktu bakdal magrib sampai isyak dan ngaji lagi sampai malam jam 12 an istirahat jam 3 kegiatan sampai subuh, bakdal subuh ngaji lagi sampai pagi, istirahat sampai waktu dhuha sholat lagi sampai berulang 3 hari. bisa sampean bayangkan padatnya acara. malam terakhir jam 3 ada tes dzikir ke alam jabarut dipimpin kyai djamhari. ketika ini ada sebagian sesepuh dari madiun dan dg beberapa warga yg sblmnya sudah ikut pendadaran 1 tidak ikut dzikir salah satu kader bilang ''awak dewe wis tau melu pendadaran 1, saiki gak usah terlalu konsen dzikir, tapi delengen romo kyai djamhari lak metu mujizate. ( mungkin maksudnya karomah,karena mu'jizat itu anugerahnya para nabi,rosul ). memang benar disaksikan beberapa dulur kala itu romo kyai berkeliling mengawasi murid murid yg berdzikir, tiba tiba lhap.. lhap.. kayak brit foto dan kyai berpindah pindah dari satu tempat ke shap shap jamaah dzikir lain dg cepat seakan menggapai semua shap tanpa ada yang kececer. waktu itu peserta sekitar 3000 orang dan shap sampai meluber dihalaman sampai teras rumah ndalem. setiap kyai dipandang ditinggal kedip sudah pindah tempatnya.
  3. Ada tambahan Komentar dari saudara Keanu Sang Putra Majapahit tentang Cerita Kang Bayan di atas :  wktu tes dzikir pndadaran 2 memang bnr kyai djamhari brkeliling ke stiap shap bhkan ktk itu aq mrsa kyai djamhari ada dsmpingku wlaupun mt trpejam dzikir ijazah 1. ilmu prewangan /khodam ndak bs msk lngkungan pondok wktu tes dzikir pndadaran 2 krn wktu itu bnyak psrta pndadaran yg mmiliki ilmu prewangan shngga kyai djamhari mmperingatkan murid2 y,bhwa ilmu prewangan/khodam ndak bs smpai ke alam jabarut.
  4. ilmu Alloh dalam bi menembus ruang dan waktu. persaksian dari seorang guru stm negri disemarang yg hanya lulusan sma yang pernah saya jumpai di ponpes an nuur th 1995. dia sering silaturahim ke mbah kyai djam, karna pengangguran disuruh kyai mendaftar kerja, kebetulan saat itu ada formasi guru tapi stm, disuruh kyai membuat lamaran dalam map ditambah kertas hvs kosong 1 lembr dibarokahi kyai dipesan nanti jangan dibuka langsung aja didaftarkan.
Bersambung............

1 komentar: